Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Koneksi Internet/Browsing

Anggi16 ~ Solusi Mengatasi HP Android tidak Bisa Internetan - Semakin berkembangnya zaman, maka semakin canggih pula berbagai teknologi yang ada saat ini. Dengan kecanggihan tersebut berdampak yang sangat luar biasa terhadap pola hidup dan juga menunjang kebutuhan hidup yang kian hari kian komplek. Tekonologi yang semakin canggih ini juga akan membuat kita semakin mudah dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.
Terlebih lagi adanya internet, internet menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Dengan internet kita bisa melakukan apa saja yang kita mau. Bahkan kita bisa tekoneksi dengan internet melalui gadget yang kita miliki. Pesatnya teknologi ini akan sangat berefek pada suatu sistem yang instan.Baca Juga WhatsApp Sepuasnya Tanpa Kouta (Gratis) Pada kesempatan kali ini kami tidak akan berbicara banyak terkait dengan internet melainkan mengenai solusi dalam mengatasi android yang kita miliki tidak bisa terkoneksi dengan internet. Karena permasalahan ini sering sekali terjadi, untuk itu anda harus segera mengatasinya.

Mengingat internet menjadi kebutuhan yang sangat penting. Bahkan sekarang pun, banyak sekali pekerjaan yang bergantung dengan adanya koneksi internet, sehingga ketika android anda tidak bisa melakukan jelajah data ke internet akan menghambat beberapa pekerjaan anda saat ini untuk bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Masalah mengenai koneksi internet pada smartphone android ini memang cukup menyebalkan jikala kita tidak mengetahui apa dan penyebab proses terjadinya koneksi android tidak bisa kita pakai dalam melakukan aktifitas yang bertujuan dalam menggunakan aplikasi yang berbasis online tentunya. Salah satu contoh koneksi Error Android tidak bisa terhubung Internet ialah dalam mendaftarkan aplikasi dan menggunakan BBM seperti pada screenshoot gambar dibawah ini.

Tidak hanya pada aplikasi BBM saja masalah dalam koneksi dapat timbul untuk semua aplikasi online lainnya yang sudah terpasang di smartphone anda seperti dalam menggunakan dan mendaftar Aplikasi Blackberry Messenger, Aplikasi Line, Facebook, Whatsapp dan aplikasi chat lainnya, ataupun dalam memainkan beberapa game Online seperti game Clash of Clans game Lets Get Rich yang jika mana user tidak mempunyai koneksi internet maka semua proses tidak dapat berjalan karena dengan semua aplikasi online tersebut perangkat harus sudah siap terhubung pada internet.

Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk Cara agar Smartphone Android anda tidak bisa Browsing dan terhubung untuk internetan hal tersebut. Berikut adalah penjelasannya:

1. Lakukan cek pulsa

Jika android anda tiba-tiba tidak bisa melakukan browsing data di internet, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek pulsa terlebih dahulu. Lihat apakah pulsa masih mencukupi atau tidak, ataukah paket data internet telah habis masa aktifnya. Karena ketika anda membuka internet maka membutuhkan biaya yaitu pulsa. 

2. Pengaturan waktu dan tanggal

Jika ternyata paketan data anda masih banyak dan belum berakhir masa aktifnya ataupun pulsa anda masih, sementara android tidak bisa koneksi dengan internat. Hal yang harus anda lakukan adalah mengatur ulang waktu dan juga tanggal. Ketika tanggal dan juga waktu tidak sesuai akan sangat berpengaruh terhadap jaringan internet. 

3. Mengaktifkan paket data Internet

Untuk bisa terkoneksi dengan internet dengan sistem paket data maka anda harus mengaktifkannya dengan cara masuk ke pengaturan kemudian pilih wireleess and network kemudian pilih mobile network, lalu pilih use packet data. Ketika ini sudah anda aktifkan maka akan munculah sinyal internet yang terdapat di android anda. Bisanya terletak pada bagian atas sebelah jaringan. 

4. Pengaturan APN pada Smartphone

Untuk membuat internet menjadi aktif anda juga harus memastikan pengaturan pada APN sudah benar. Caranya seperti halnya anda masuk untuk mengatifkan paket data, kemudian untuk APN yang ada atur sesuai dengan operator yang anda gunakan saat ini. 

5. Mode pesawat aktif

Jika cara diatas telah anda lakukan, maka yang terakhir adalah mengaktifkan mode pesawat. Karena biasanya android sering error pada bagian ini. Untuk mengatasinya anda non aktifkan terlebih dahulu mode pesawat beberapa menit, selang kemudian anda aktifkan kembali.

6. Wipe data/Factory reset(Reset android)

Jika semua langkah-langkah diatas sudah anda lakukan namun tetap saja tidak ada perubahan, maka yang harus anda lakukan adalah mereset android yang anda miliki kepengaturan awal. Sehingga ponsel akan kembali menjadi setelah pabrik, sebagaimana setelan baru. Untuk cara Factory Reset anda bisa masuk pada Mode ClockWorld Mod(CWM). Cara Factory/Wipe Data : Menekan tombol Volume Down/Up + Tombol Power sampai masuk pada Mode Android hijau jika sudah masuk anda bisa Navigasikan ke atas dan bawah dengan Volume Down / volume Up. (Perlu di ingat untuk Masuk pada mode CWM/Factory pada setiap ponsel tentu berbeda-beda anda bisa cari refrensi terlebih dahulu mengenai cara Masuk Mode CWM pada tipe smartphone anda. 

7. Flashing/Install Ulang Android

Untuk tambahan saja mungkin ada beberapa user Android yang suka melakukan eksperimen seperti melakukan dan Install Stock ROM, Mini ROM, ROM Mod yang bukan rekomendasi dari tipe perangkat itu sendiri dan juga terdapat beberapa Bug/error pada tiap ROM yang digunakan seperti tidak bisa melakukan Koneksi internet secara full akses artinya tidak bisa internetan dengan kartu SIM 1 atau dengan kartu SIM 2 jika mana pada awal mula smartphone yang anda miliki dapat melakukan browsing dengan kartu sim manapun. Nah untuk mengatasinya kalian harus Melakukan Flashing dengan mengunduh file Firmware dari tiap perangkat yang ada, biasanya beberapa pihak resmi dari smartphone yang anda miliki telah menyiapkan file download tersebut yang mudah di akses.

Note : Jika tidak bisa internet dan lemot koneksi karena Sinyal dari Operator Lemah maka saran saya kalian bisa mengganti kartu SIM dengan kartu yang lebih powerfull dalam sisi kekuatan sinyal.

Dari langkah-langkah diatas maka anda bisa mengatasi android anda yang tidak bisa koneksi internet menjadi bisa. Cukup mudah dan anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena bisa diatasi sendiri dengan cara yang simpel. Itulah informasi terkait dengan  Solusi mengatasi android tidak bisa koneksi internet. Sekian artikel yang sudah kami, berikan selamat mencoba semoga ulasan Cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Koneksi Internet/Browsing ini dapat berguna untuk anda dalam mengatasi masalah koneksi internet pada Smartphone android anda.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Koneksi Internet/Browsing"