Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Suara kresek kresek Di Speaker HP Android Xiaomi

Speaker hp xiaomi rusak - Bagaimana cara mengatasi speaker hp xiaomi sering muncul suara kresek kresek ? Bagi penggemar musik di hp xiaomi, tentu tidak akan asing jika mendengar bunyi kresek - kresek saat memutar musik di hp xiaomi baik itu ketika menggunakan headset ataupun loadspeaker. Suara "kresek" di hp android atau yang sering disebut dengan Craking Sound ini dapat muncul secara tiba - tiba dan bahkan sejak awal suara keluar dari speaker ponsel yang kita miliki. Dimana suara speaker hp xiaomi yang pecah tersebut seringkali membuat kita berpikir bahwa hp xiaomi yang kita miliki telah mengalami kerusakan pada bagian pengeras suara / speaker.

Padahal perlu untuk kita ketahui bahwa penyebab speaker bunyi kresek di hp xiaomi tersebut bukan selalu berasal dari speaker yang rusak saja melainkan terkadang juga dapat terjadi karena software yang error atau juga dari kesalahan pengaturan suara saja. Namun tidak menutup kemungkinan jika hp yang pernah terjatuh ataupun terkena air akan mengakibatkan suara kresek kresek tersebut muncul setiap kita memutar lagu di ponsel xiaomi tersebut. Lantas jika terjadi demikan, cara memperbaiki speaker hp xiaomi yang muncul suara kresek karena terkena air tersebut ? Mengingat harga speaker hp xiaomi yang tidaklah murah tentu akan membuat kita berpikir untuk membawa ke tempat service secepatnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa cara mengatasi suara speaker hp xiaomi yang pecah tersebut. Tips yang akan kami bagikan kali ini kami bersumber dari forum hp xiaomi yang mana sudah banyak yang telah mencoba akan keberhasilannya. Dan pada pembahasan kali ini, kami berikan beberapa cara lain juga agar masalah suara speaker yang semakin mengecil dan muncul kresek - kresek ini tidak hanya dapat digunakan pada hp xiaomi redmi 4 saja melainkan juga pada tipe hp xiaomi lainnya. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi suara speaker hp xiaomi yang rusak di bawah ini.

Cara Mengatasi Suara "Kresek" Di Speaker HP Android Xiaomi

cara memperbaiki speaker hp xiaomi muncul bunyi kresek kresek

Pada dasarnya penyebab bunyi speaker hp xiaomi yang tidak jelas karena terdengar suara kresek - kresek ini dapat terjadi karena kesalahan pengaturan sistem, error sistem, kerusakan perangkat speaker, jalurnya dan juga pada bagian komponen lain yang terkait dengan alur suara menuju speaker. Namun untuk memastikan penyebab speaker hp xiaomi tidak bunyi tersebut, kita perlu melakukan beberapa hal seperti sebagai berikut :

  • Pertama - tama kita lihat terlebih dahulu settingan suara pada HP xiaomi, apakah dalam posisi silent (diam tanpa suara) ataukah tidak. 
  • Setelah itu cobalah untuk mengubah slider settingan suara semaksimal mungkin dan juga pastikan nada dering juga sudah dipilih
  • Jika masih saja suara speaker belum terdengar jelas maka cobalah untuk melakukan reset ulang pengaturan atau dapat juga dengan recovery reset untuk memulihkan fungsi suara
  • Namun jika semua cara diatas sudah kita pastikan tapi masih saja speaker hp xiaomi error belum juga teratasi maka langkah terakhir adalah dengan melakuan pemerikasaan kondisi fisik buzzer atau menggantinya dengan yang baru

Namun sebelum kita mengganti speaker hp xiaomi yang rusak tersebut, cobalah untuk menginstal file mod ke dalam sistem Xiaomi Redmi 4 prime terlebih dahulu. Cara ini telah berhasil dilakukan oleh salah satu member en miui, untuk mengetahui secara lengkapnya mari kita lihat pada ulasan di bawah ini.

Cara memperbaiki speaker hp xiaomi yang pecah dengan file mod


Syarat pertama yang harus kita lakukan jika akan mencoba tutorial kali ini adalah memastikan Hp android Redmi 4 Prime yang kita miliki sudah dalam kondisi root superSU terlebih dahulu. Apabila sudah siapkan bahan - bahan yang akan digunakan :

  • Root Explorer
  • File mod fix sound cracking untuk xiaomi Redmi 4 Prime

Jika bahan yang akan kita gunakan sudah tersedia maka lakukan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Pertama - tama install root explorer yang telah disiapkan pada hp xiaomi redmi 4 prime yang kita miliki
  2. Setelah itu ambil file mod di atas lalu pindahkan ke memori internal
  3. Kemudian jalankan root explorer
  4. Langkah berikutnya, copy dan replace file yang ada di direktori Root/etc serta ubah permissionnya menjadi rw-r--r--
  5. Dan yang terakhir tinggal kita Reboot lalu cek pada suara di pemutar musik hp xiaomi

PERHATIAN !
  • Backup rom miui 8 kita terlebih dahulu menggunakan custom TWRP Recovery sebelum menjalankan tutorial ini
  • Dan pastinya segala resiko ditanggung penumpang

Namun jika memang semua cara diatas tidak memberikan hasil dalam mengatasi speaker xiaomi bunyi kresek kresek, maka langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengganti speaker xiaomi yang rusak tersebut. Jika anda ingin mengganti speaker hp xiaomi sendiri, mari kita simak ulasan sebagai berikut :

Cara ganti speaker hp android xiaomi

  1. Pertama, buka penutup belakang (cassing) HP Xiaomi
  2. Untuk membuka casing hp xiaomi agar tidak melukai penutup dan bodi ponsel, alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan alat pembuka cassing atau yang tidak berbahan metal
  3. Setelah casing dan bodi terpisah, kita lepas terlebih dahulu penutup cangkang speaker Xiaomi. Penutup cangkang speaker Xiaomi ini berfungsi untuk mengeluarkan suara ketika ada panggilan masuk, dimana penutup cangkang tersebut terletak di bagian bawah baterai.
  4. Kemudian lepas semua baut pengikatnya, terdapat 2 buah baut pengikat lalu jika sudah cungkil penutupnya. Apabila sudah terlepas, silakan copot speaker yang menempel pada modulnya dengan cara dicungkil
  5. Pastikan terlebih dahulu apakah speaker putus atau tidak dengan menggunakan multimeter sebelum melakukan penggantian. Namun jika memang suara hp xiaomi error berasal dari speaker yang rusak maka langsung saja kita ganti komponen tersebut

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang solusi speaker bunyi kresek saat memutar musik di hp xiaomi. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan hasil yang lebih baik, namun jika anda ragu untuk mencobanya sendiri maka tidak ada salahnya jika membawa hp xiaomi yang rusak tersebut ke service center terdekat. Sekian dan terima kasih ..

5 comments for "Cara Mengatasi Suara kresek kresek Di Speaker HP Android Xiaomi"